CERITA PERADABAN DUNIA : PERADABAN DI EROPA - Dongeng Yunani Kuno yang Menakjubkan

PERADABAN DUNIA : PERADABAN DI EROPA

            Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang sejarah dunia yang terkhusus pada sejarah peradaban yang telah berlangsung di bagian bumi bagian barat laut dari Indonesia, yakni peradaban di benua Eropa pada beberapa tahun silam. Kita bersama mengetahui dan menyadari bahwasanya sejarah sangat penting diketahui oleh seluruh insan manusia di muka bumi ini. Sehingga, diharapkan dari pembelajaran sejarah ini kita dapat belajar mengatasi hambatan-hambatan dalam kehidupan kita kedepannya setelah me-review kehidupan sebelum generasi kita.
            Sebelum mengenal lebih jauh mengenai Sejarah Peradaban yang terjadi di Benua Eropa sebaiknya kita terlebih dahuku mengetahui sejarah secara umum.
Jadi,  sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah asal-usul (keturunan) silsilah; kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
            Selanjutnya, saya akan menguraikan mengenai peradaban kumo yang ada di Eropa. Peradaban kuno di Eropa yang terpenting adalah peradaban Yunani dan peradaban Romawi.
Benua Eropa
Peradaban Yunani
Pada situs ini saya akan menguraikan mengenai peradaban kuno Eropa Yunani.
            Nah, tanah Yunani ini terletak di bagian Selatan Semenanjung Balkan. Wilayah itu merupakan kumpulan pulau-pulau yang ada di sekitar Laut Ionia, Laut Tengah, dan Laut Aegea. Wilayah pantai selatan beriklim panas dan beriklim sejuk di musim dingin. Wilayah utara terdiri dari gunung-gunung yang beriklim dingin dan bersalju ketika musim dingin tiba. Sebagian tanah Yunani kurang mendapat curah hujan sehingga tanahnya kurang baik dalam sektor pertanian.

Wilayah Yunani Kuno

         
Suatu kebudayaan yang tinggi berkembang di daerah Kreta sekitar tahun 2000 – 1400 SM. Bangsa Kreta menguasai perdagangan di Laut Tengah dan daerah-daerah sekitarnya. Bangsa Yunani pertama kali dating menyerbu wilayah ini sekitar tahun 2000 SM yang berasal dari ras Indo-Jerman. 
Bangsa Yunani Kuno
Mereka datang dari daerah sebelah utara. Akulturasi bangsa tersebut dengan bangsa pribumi menghasilkan sebuah kebudayaan baru yang dikenal sebagai Kebudayaan Mycenae.

Kebudayaan Mycenae
Setelah itu, bangsa-bangsa lain mulai berdatangan, seperti bangsa-bangsa Ionia, Aedia, dan Doria. Kemudian masing-masing dari mereka mendirikan suatu pemerintahan kota (polis) yang dikelilingi tembok-tembok benteng pertahanan. Dua diantaranya yang menonjol, yaitu Sparta dan Athena. Kedua pola pemerintahan itu yang kemudian dijadikan percontohan pada pemerintahan sekarang.
            Tata pemerintahan Sparta dipelopori oleh Lycurgus (900 SM). Pemerintahannya bersifat aristokratis militer. Dalam pemerintahan Sparta golongan bangsawan yang memegang peranan penting, sedangkan pemerintahan Athena digariskan oleh Solon (600 SM). Di Athena berbeda dengan pemerintahan yang terjadi pada pemerintahan Sparta, yakni bersifat Oligarkis-Demokratis yang dimana pemerintahannya dipegang oleh rakyat sama halnya dengan Indonesia yang menganut sistem pemerintahan seperti ini.
            Bangsa Yunani memiliki peradaban yang tinggi dan sangat luas dan mencakup banyak bidang itu, kemudian diwariskan dan dikembangkan oleh bangsa Barat. Di bidang kepercayaan, masyarakat Yunani menyembah dewa-dewa yang digambarkan sebagai manusia biasa, tetapi memiliki kemampuan lebih dari biasanya dan bisa terbilang sempurna, misalnya dewa Zeus dan dewa Apollo.
Dewa Zeus

Dewa Apollo
            Bangsa Yunani juga terkenal sebagai bangsa yang banyak melahirkan sastrawan-sastrawan dunia. Banyak buku yang terkenal berasal dari Yunani pada zaman itu, antara lain cerita kepahlawanan lliad dan Odysseus karya Homerus (8 SM). Selain itu, banyak pula tokoh-tokoh filsafat yang terkemuka dari bangsa Yunani, antara lain Socrates, Plato, dan Aristoteles.
Socrates

Aristoteles

Plato
Tak hanya itu, Yunani juga memiliki ahli sejarah yang sangat terkenal , antara lain Herodotus (484 – 425 SM) dan Thucydides (460 – 393 SM). Dalam bidang ilmu matematika juga ada yang terkenal adalah Pythagoras (750 – 500 SM) dan Archimedes (287 – 212 SM).
            Terdapat banyak bangunan-bangunan yang didirikan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa. Tempat pemujaan para dewa ini didirikan di daerah koloninya seperti di Italia Selatan (kuil Harakles dan Zeus) dan di Milete (kuil Apollo). Semua bangunan yang didirikan itu dibangun dengan gaya bangunan Ionia. Sedangkan, bangunan-bangunan yang berada di daerah lain, seperti Korinthe, delfi, dan Aigina dibangun dengan gaya bangunan Doria. Bangunan lain yang terkenal di Yunani ialah kuil Zeus di bukit Olympus dan Acropolis di kota Athena.
 Kuil Herakles

Kuil Zeus
         
Kuil Zeus di Bukit Olympus
Bangsa Yunani baru terbentuk pada tahun 1000 – 75
0 SM. Yunani terlibat dalam peperangan melawan Persia sekitar tahun 500 SM yang dipimpin oleh Raja Darius Agung. Peperangan yang terjadi antara Yunani dan Persia diakibatkan oleh Yunani yang membantu rakyat Yunani yang berada di Asia Barat yang sedang melawan kekuaaan Raja Darius. Perang tersebut terjadi beberapa kali.
  • Perang Yunani-Persia I tahun 492 SM, tentara Persia dilanda angin topam ketika menyebrangi Selat Dardanella.
  • Perang Yunani-Persia II terjadi dua tahun setelah perang pertama. Pasukan Persia mendarat di Attica (492 SM). Dan tentara Athena dipimpin oleh Miltiades yang berhasil mengalahkan tentara Persia di Marathon.

Berita kemenangan disampaikan oleh salah seorang prajurit Athena dengan berlari dari Marathon hingga Athena sejauh lebih dari 42 km. prajurit tersebut meninggal dunia setelah berhasil memberitakan kemenangannya atas Persia.
Peta Kota Marathon dan Athena

Nah, ini nih teman-teman yang kita kenal sekarang dengan lari Marathon atau lari jarak jauh berasal dari penghargaan kepada seorang prajurit yang telah berlari sangat jauh demi memberitakan kemenangan perang. Perang Yunani-Persia III terjadi pada tahun 480 SM di bawah pimpinan Xerxes yang meruoakan anak dari Raja Darius. Tentara Persia berangkat dari Sardes, seteah menyebrangi Selat Dardanella, mereka menyebrangi Yunani dari Utara. Raja Yunani pada saat itu adalah Leonidas berhasil menahan tentara Persia di pegunungan Thermopylae. Namun, setelah itu Raja Leonidas gugur sehingga, mengakibatkan daerah Athena dan Yunani Tengah dikalahkan oleh tentara Persia dan berhasil manguasai daerah tersebut. Bangsa Yunani di bawah pimpinan Themistocles mengalahkan armada Persia di Salamis. Ia juga menyerang tentara Persia yang ada di Yunani Tengah. Tentara Persia pun dapat dikalahkan di daerah Plataeae pada tahun 479 SM.

Peperangan melawan Persia menyebabkan bangsa Yunani bersatu dalam melawan musuh. Mereka sadar bahwa armada laut sangat diperlukan untuk pertahanan negerinya. Kemudian, dibentuklah persekutuan yang bermarkas di Delos (454 SM).
Wilayah Yunani
            Pimpinan dipegang oleh orang-orang Athena. Akibatnya, orang Sparta tidak senang. Mereka kemudian mendirikan persekutuan aindengan nama Liga Peloponnesos pada tahun 431 SM. Perbedaan pendapat antara kedua bangsa itu menyebabkan mereka terlibat dalam peperangan di Peloponnesos pada tahun 431 – 404 SM. Dalam peperangan itu Athena dakalahkan oleh Sparta dan berhasil menguasai Yunani. Kemudian, Yunani mengalami kemunduran dari berbagai biddang sebagai akibat dari peperangan antara Athena dan Sparta di wilayah Peloponnesos. Setelah kejadian tersebut, terjadi lagi perang di Charonea yang dimana Yunani mendapatkan kekalahan atas bangsa Macedonia di bawah pimpinan Raja Philippus. Dengan kekalahan itu, Yunani berada di bawah kekuasaan Iskandar Agung sebagai pengganti dari Raja Philippus.

Nah, teman-teman itulah tadi uraian mengenai Peradaban Yunani yang berada di Eropa. Mulai dari bagaimana terbentuknya kebudayaan baru akibat akulturasi dua bangsa, kemudian bangaimana bangsa-bangsa lain menanggapi akulturasi ini dan mendatangi Yunani dan selanjutnya membentuk pemeritahan kota, melangsungkan peperangan, masa-masa emas hingga masa kemunduran Yunani.


Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan Populer